RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Persamaan Garis Lurus
Alokasi
Waktu : 2 Jam
Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli,
dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.4 Menganalisis fungsi
linear (sebagai persamaan garis lurus)
dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
|
·
Siswa
dapat memahami cara membuat tabel persamaan garis lurus dengan baik
·
Siswa
dapat menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y dengan baik
·
Siswa
dapat memahami cara membuat pasangan berurutan dengan baik
·
Siswa
dapat menggambar Persamaan Garis Lurus dengan baik
·
|
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
·
Siswa
dapat menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus dengan baik
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui pendekatan scientific, peserta didik dapat:
·
Memahami cara membuat tabel persamaan garis lurus
·
Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
·
Memahami cara membuat pasangan berurutan
·
Menggambar Persamaan Garis Lurus
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Persamaan Garis Lurus
• Persamaan garis lurus
Fakta
·
Bentuk persamaan garis.
·
Fakta kontekstual yang berkaitan dengan bentuk
persamaan garis.
Konsep
·
Kemiringan atau gradien dari garis lurus.
·
Hubungan antar sudut.
Prinsip
·
Rumus gradien dari persamaan garis lurus.
·
Hubungan Gradien suatu garis dengan nilai tangen sudut
garis.
·
Garis-garis sejajar.
·
Garis-garis tegak lurus.
Prosedur
·
Langkah-langkah menemukan konsep garis lurus dan
gradien.
·
Langkah-langkah menemukan hubungan gradien dengan
besar sudut yang dibentuk garis dengan sumbu x.
·
Langkah-langkah menemukan hubungan garis dengan menggunakan
konsep gradien.
·
Langkah-langkah menentukan dua garis sejajar dan
saling tegak lurus.
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Ø Bagi siswa yang sudah mencapai indikator
pembelajaran, dapat melanjutkan kebagian Pengayaan. Pada kegiatan remidial guru
ditantang untuk memberikan pemahaman kepada siswa yang belum mencapai
kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara untuk memberikan remidi:
1.
Meminta
siswa untuk mempelajari kembali bagian yang belum tuntas.
2.
Meminta
siswa untuk membuat rangkuman materi yang belum tuntas.
3.
Meminta
siswa untuk bertanya kepada teman yang sudah tuntas tentang materi yang belum
tuntas.
4.
Memberikan
lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa yang belum tuntas.
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Ø Pengayaan biasanya
diberikan segera setelah siswa diketahui telah mencapai KBM/KKM berdasarkan
hasil PH. Mereka yang telah mencapai KBM/ KKM berdasarkan hasil PTS dan PAS
umumnya tidak diberi pengayaan. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan
sekali, tidak berulangkali sebagaimana pembelajaran remedial. Pembelajaran
pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode :
Demonstrasi
F.
Media
Pembelajaran
- Laptop
- LCD
- Power Point
- Internet
G.
Sumber
Belajar
Buku paket
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40
Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 60 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Persamaan Garis Lurus berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (10Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Persamaan Garis Lurus yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Tokoh
Persamaan Garis Lurus yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Persamaan Garis Lurus .
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Persamaan Garis Lurus .
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Persamaan
Garis Lurus kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin
dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya
pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan
kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap
bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari
penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian
menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format
penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih
dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x
100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 :
400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi
pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan
meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x
100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :
500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian
unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang
sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
a.
Gambarkan l1, l2, l3, dan l4 dalam bidang cartesius!
y
x
b.
Dengan persamaan
gradien m =
, tentukan
gradien dari masing-masing garis!
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
c.
Hitunglah besar sudut yang dibentuk
setiap garis dengan sumbu x
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
d.
Kesimpulan apa yang dapat ditarik?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Persamaan
Garis Lurus yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Persamaan Garis Lurus
.
Aik Ampat, Juli 2019
Mengetahui
Kepala MTs NW Aik Ampat Guru
Mata Pelajaran
Salman Hadi,S.Pd Siti Khusnul Khotimah,S.Pd
NIP: - NIP: 197005152005012004
Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran :
Penilaian pengetahuan
0 komentar:
Posting Komentar