Selasa, 21 April 2020

Membuat Soal atau Data Online

Work From Home


      MEMANFAATKAN  GOOGEL FORMS 
    UNTUK MEMBUAT  SOAL  DAN FORMULIR 


Work From Home? ya dinyaman-nyamnankan saja. Sambil menikmati ambon rebus (Bahsa Sasak : ubi rebus) dan kopi pekerjaan kelar. Gak bersepatu dan senyum dengan anggota keluarga pun bisa juga.  Salah satunya memanfaatkan fasilitas online. 

Kali ini kita bisa mudah juga membuat soal online yang bisa dibagikan ke media sosial dan hasilnya bisa kita dokumentasikan. 

Salah satunya adalah membuat Soal Online melalui Googel Forms.




Langkah 1: Menyiapkan Soal atau formulir baru
Klik Kosong (Tanda +)
Formulir baru akan terbuka. 





  
  






Langkah 2: Edit dan format formulir atau kuis 

Anda dapat menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, atau video dalam sebuah formulir. 




Langkah 3: Kirim formulir Anda agar dapat diisi oleh orang lain 












Jika sudah siap, Anda dapat mengirimkan dan mengumpulkan respons mereka.


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke akun kamu di situs Google Form. Setelah itu pilih formulir mana yang ingin kamu lihat hasilnya.

Kini kita berada di halaman formulir online Google Form. Selanjutnya klik Tanggapan yang ada di bagian atas. Di situlah semua tanggapan tersimpan. 







Untuk memudahkan kita membaca data, Google Form juga menyediakan fitur Spreadsheet. Kita bisa melihat hasil Google Form dalam format tabel Sheet. Caranya dengan klik  ikon Spreadsheet yang ada di bagian kanan atas formulir. 

Setelah itu akan muncul pop-up dialog, pilih opsi Buat spreadsheet baru. Selanjutnya langsung saja tap Buat untuk langsung masuk ke file Spreadsheet kita.


Seperti inilah hasil Google Form kita dalam bentuk Spreadsheet yang berupa tabel. Dengan format tabel kita bisa dengan mudah membaca data yang sudah masuk. Selanjutnya bisa kita print out atau pun kita simpan juga bisa diapus. 




Selamat mencoba. Terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...