Selasa, 14 April 2020

RPP-Statistika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                     :       MTs NW Aik Ampat
Mata Pelajaran        :        Matematika
Kelas/Semester        :        VIII / Genap
Materi Pokok           :        Statistika
Alokasi Waktu         :        3 Minggu x 6 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,


teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.10        Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi

·      Siswa dapat menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi dengan baik
·      Siswa dapat memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data dengan baik
·      Siswa dapat menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data dengan baik
·      Siswa dapat Siswa dapat memaami cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan analisis dan data
4.10        Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
·       Siswa dapat menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·       Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
·         Menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi
·         Memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data
·         Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data
·         Memaami cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan analisis dan data
·         Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi

D.      Materi Pembelajaran
1.       Materi Pembelajaran Reguler
Statistika:
          Rata-rata, median, dan modus
          Mengambil keputusan berdasarkan analisis data
          Membuat prediksi berdasarkan analisis data

Fakta
·         Statistik adalah kumpulan informasi atau keterangan yang berupa angka-angka yang disusun, ditabulasi dan dikelompok-kelompokkan sehingga dapat memberikan informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.
Statistika merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari
·       Cara pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian data dengan sistematis, agar data-data itu dapat dipahami dengan jelas
·       Menganalisis dan menafsirkan data-data agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, perencanaan dan kesimpulan dengan tepat dari sifat-sifat data tersebut
·       Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti
·       Sampel adalah sebagian atau keseluruhan populasi yang dianggap mewakili populasinya.
·       Datum adalah keterangan yang diperoleh dari hasil pengamatan atau penelitian berupa angka.
·       Data adalah kumpulan dari datum datum
·       Data kuantitatif data berupa bilangan (data diskrit/cacahan/hitungan misalnya jumlah anak dalam sebuah keluarga, data kontinu/ukuran misalnya luas tanah dan tinggi badan)
·       Statistika diskriptif adalah bagian dari statistika yang mempelajari cara mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram atau kurva



·       Statistika inferensia adalah bagian dari statistika yang mempelajari cara-cara untuk menarik kesimpulan dan membuat ramalan

Konsep
·         Penyajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang
Diagram garis
·         Diagram batang
·         Diagram lingkaran

Prinsip
·         Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang
·         menngidentifikasi tentang data-data
·         Mengelompokkan berbagai macam diagram dan table
·         Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya

Prosedur
·         Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data disekitar sekolah
·         Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model
·         Mengelompokkan berbagai macam diagram dan table
·         Menyimak konsep tentang penyajian data
·         Menyajikan data yang diberikan kedalam diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta memberikan penafsiran

2.       Materi Pembelajaran Remedial
Ø  Bagi siswa yang sudah mencapai indikator pembelajaran, dapat melanjutkan kebagian Pengayaan. Pada kegiatan remidial guru
ditantang untuk memberikan pemahaman kepada siswa yang belum mencapai kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara untuk memberikan remidi:
1.       Meminta siswa untuk mempelajari kembali bagian yang belum tuntas.
2.       Meminta siswa untuk membuat rangkuman materi yang belum tuntas.
3.       Meminta siswa untuk bertanya kepada teman yang sudah tuntas tentang materi yang belum tuntas.
4.       Memberikan lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa yang belum tuntas.
untuk selengkapnya RPP unduh di tautan  RPP ini



0 komentar:

Posting Komentar

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...