RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs NW Aik Ampat
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VIII / Genap
Materi
Pokok : Statistika
Alokasi
Waktu : 3 Minggu
x 6 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli,
dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.10 Menganalisis
data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
·
Siswa
dapat menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber
media koran, majalah, atau televisi dengan baik
·
Siswa
dapat memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan
sebaran data dengan baik
·
Siswa
dapat menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan
penyebaran data dengan baik
· Siswa dapat Siswa dapat memaami cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan
analisis dan data
|
4.10 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai
rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
·
Siswa
dapat menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan
dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·
Siswa
dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran
pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
·
Menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber
media koran, majalah, atau televisi
·
Memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan
sebaran data
·
Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan
penyebaran data
·
Memaami cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
bersarkan analisis dan data
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan
dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran
pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat
prediksi
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran
Reguler
Statistika:
•
Rata-rata, median, dan modus
•
Mengambil keputusan berdasarkan analisis data
•
Membuat prediksi berdasarkan analisis data
Fakta
·
Statistik adalah kumpulan informasi atau keterangan
yang berupa angka-angka yang disusun, ditabulasi dan dikelompok-kelompokkan
sehingga dapat memberikan informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau
gejala.
Statistika merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari
·
Cara pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian
data dengan sistematis, agar data-data itu dapat dipahami dengan jelas
·
Menganalisis dan menafsirkan data-data agar dapat
digunakan untuk pengambilan keputusan, perencanaan dan kesimpulan dengan tepat
dari sifat-sifat data tersebut
·
Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti
·
Sampel adalah sebagian atau keseluruhan populasi yang
dianggap mewakili populasinya.
·
Datum adalah keterangan yang diperoleh dari hasil
pengamatan atau penelitian berupa angka.
·
Data adalah kumpulan dari datum datum
·
Data kuantitatif data berupa bilangan (data
diskrit/cacahan/hitungan misalnya jumlah anak dalam sebuah keluarga, data
kontinu/ukuran misalnya luas tanah dan tinggi badan)
·
Statistika diskriptif adalah bagian dari statistika
yang mempelajari cara mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dalam bentuk
diagram atau kurva
·
Statistika inferensia adalah bagian dari statistika
yang mempelajari cara-cara untuk menarik kesimpulan dan membuat ramalan
Konsep
·
Penyajian data dalam bentuk diagram garis, diagram
lingkaran dan diagram batang
Diagram garis
Diagram garis
·
Diagram batang
·
Diagram lingkaran
Prinsip
·
Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis,
diagram lingkaran dan diagram batang
·
menngidentifikasi tentang data-data
·
Mengelompokkan berbagai macam diagram dan table
·
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis,
lingkaran dan ogive serta penafsirannya
Prosedur
·
Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data
disekitar sekolah
·
Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam
berbagai model
·
Mengelompokkan berbagai macam diagram dan table
·
Menyimak konsep tentang penyajian data
·
Menyajikan data yang diberikan kedalam diagram batang,
garis, lingkaran dan ogive serta memberikan penafsiran
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Ø Bagi siswa yang sudah mencapai indikator
pembelajaran, dapat melanjutkan kebagian Pengayaan. Pada kegiatan remidial guru
ditantang untuk memberikan pemahaman kepada siswa yang belum mencapai kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara untuk memberikan remidi:
ditantang untuk memberikan pemahaman kepada siswa yang belum mencapai kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara untuk memberikan remidi:
1.
Meminta
siswa untuk mempelajari kembali bagian yang belum tuntas.
2.
Meminta
siswa untuk membuat rangkuman materi yang belum tuntas.
3.
Meminta
siswa untuk bertanya kepada teman yang sudah tuntas tentang materi yang belum
tuntas.
4.
Memberikan
lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa yang belum tuntas.
untuk selengkapnya RPP unduh di tautan RPP ini
untuk selengkapnya RPP unduh di tautan RPP ini
0 komentar:
Posting Komentar