Senin, 13 April 2020

Program Tahunan Mapel Matematika Kelas VIII semester ganjil


PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                                                   
Mata Pelajaran                      :        Matematika
Satuan Pendidikan                :        MTs NW Aik Ampat
Kelas                                     :        VIII 
Tahun Pelajaran                    :        2019 / 2020

Komptensi Inti :
·         KI-1 dan KI-2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI-3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,




       kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI-4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

SMT
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
1
3.1    Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
25 JP
4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
1
3.2    Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
20 JP
4.2    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
1
3.3    Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
15 JP
4.3    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
1
3.4    Menganalisis  fungsi linear  (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan  dengan masalah kontekstual
15 JP
4.4    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
1
3.5    Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
20 JP
4.5    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
1
3.6    Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
10 JP
4.6    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
2
3.7    Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
25 JP
4.7    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
3.8    Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
4.8    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
2
3.9    Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
35 JP
4.9    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya
2
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
15 JP
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
2
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
20 JP
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan


                                                                                                   Aik Ampat,   Juli 2019
Mengetahui,      
Kepala MTsNW Aik Ampat                                              Guru Mata Pelajaran,



Salman Hadi,S.Pd                                                             Siti Khusnul Khotimah, S.Pd
NIP/NRK. -                                                                        NIP: 197005152005012004



Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

0 komentar:

Posting Komentar

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...