PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : MTs
NW Aik Ampat
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2019 / 2020
Komptensi Inti :
·
KI-1 dan KI-2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI-3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI-4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan
bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
25 JP
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan
konfigurasi objek
|
||
1
|
3.2 Menjelaskan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
20 JP
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat
Kartesius
|
||
1
|
3.3 Mendeskripsikan
dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
(kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
|
15 JP
|
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi
|
||
1
|
3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan
grafiknya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
15 JP
|
4.4 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan
garis lurus
|
||
1
|
3.5 Menjelaskan
sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
|
20 JP
|
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
||
1
|
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema
Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
10 JP
|
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
||
2
|
3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling,
panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
25 JP
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
||
3.8 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
|
||
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
|
||
2
|
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan
dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
|
35 JP
|
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan
limas), serta gabungannya
|
||
2
|
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi
data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil
kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
15 JP
|
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
||
2
|
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik
suatu kejadian dari suatu percobaan
|
20 JP
|
4.11 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu
kejadian dari suatu percobaan
|
Aik Ampat, Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTsNW Aik
Ampat Guru
Mata Pelajaran,
Salman Hadi,S.Pd Siti Khusnul Khotimah, S.Pd
NIP/NRK. - NIP:
197005152005012004
Catatan Kepala
Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar