Rabu, 22 Juli 2020

Bilangan Berpangkat -Matematika kelas IX




BILANGAN BERPANGKAT

Suatu sore Tono dan Darman perge ke kebun. Dia melihat sebuah pohon durian yang sedang berbuah.  Mereka menghitung buah durian tersebut.
Tono bertanya kepada Darman: “Jika sebuah pohon durian memiliki cabang sebanyak tujuh buah. Tiap cabang memiliki tujuah buah durian. Berapa banyak buah durian yang ada di pohon?”
Darman berupaya menghitungnya dengan teliti. Tono pun memberikan penjelasan dengan membuat bilangan berpangkat  7+7 +7 +7+7 +7+7 = 7 x 7 = 72 = 49

asyik mereka pun mendapatkan durian yang sudah masak dan dipersilakan untuk menikmatinya oleh yang punya kebun. Rizki nomplok bagi mereka berdua ya. 

Nah ternyata yang punya kebun berkeyakinan jika dia memberi secara ihlas kepada orang lain maka nanti akan dapat ganti dari Yang Maha Kuasa berlpat-lipat bagaik bilangan berpangkat. 

hal ini sesuia dengan ajaran agama yang diyakininya yakni terdapat gambaran pangkat yang sangat banyak. Lihat surat Al Baqaaoh  ayat 261. 


Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[*] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

[*] Pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.

Nah kita bisa belajar tentang bilangan berpangkat dengan sungguh-sungguh karena matematika selalu bermanfaat. 


Nah sekarang kita siap belajar Bilangan Berpangkat ya. untuk materi pelajrannya bisa dilihat di vedeo ini 




Selamat belajar. semoga bermanfaat





0 komentar:

Posting Komentar

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...