Kamis, 19 Mei 2022

UMROH UNTUK GURU

 




UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR  

 

Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.  Ibadah Haji dan Umroh tidaklah sama. Tetapi guna menjalankan keduanya diperlukan  badan kuat, dana cukup, dan pelaksanaan sesuai kaifiyah (tata caranya). 

Bapak Bupati Lombok Timur pada peringan Hari Guru Nasional, 25 Nopember tahun 2021 Bupati Lombok Timur menyatakan bahwa telah dibentuk Tim untuk menyeleksi Guru di Lombok Timur. Dalam seleksi ini akan dipilih guru Berprestasi pada jenjang TK/PAUD, SD/MI, dan SMP/ MTs. Tiap jenjang ada satu guru laki-laki dan satu guru perempuan. Sehingga terkumpul sepuluh orang guru berprestasi yang lulus seleksi. Hadiah yang diberikan adalah Umroh gratis yang dibiayai dari pemerintah Daerah kabupaten Lombok Timur https://dikbud.lomboktimurkab.go.id/baca-berita-191-guru-berprestasi-bisa-dapat-umroh-gratis.html

Kemudian beredarlah  Pedoman Lomba Guru Prestasi pada bulan Desember 2021.  PEDOMAN PELAKSANAAN PEMILIHAN GURU PAUD/RA, SD/MI, DAN SMP/MTs BERPRESTASI TINGKAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2021 ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, Achmad Dewanto hadi, S.T., M.T  per tanggal 27 Desember 2021. Informasi pendaftaran peserta Lomba Guru Prestasi pun tersebar dari tiap UPTD di berbagai media terutama WA Grup.

Khususnya untuk UPTD Kecamatan Selong dengan terbuka melayani calon peserta yang mencari informasi tentang lomba ini. Panitia di kecamatan wellcome dengan tulus membagikan pedoman kepada setiap yang memerlukannya. Terutama Ibu Hajah Bq Mutiara mempesilakan peserta untuk memahami pedoman dan mendaftar di ruang yang disediakan. B Pendaftaran dibuka tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 15 Februari 2022. Pendaftaran dilkukan dengan  calon peserta menyerahkan persyaratan berupa dokumen portofolio  yang diminta dan file dalam plesdish.

Pemanggilan calon peserta seleksi tingkat kecamatan Selong melalui surat undangan pun dibagikan pada tanggal 17 Februari 2021. Pembukaan dan seleksi di tingkat kecamatan berjalan pada hari Sabtu  tanggal 19 dan Senin 21 Februari 2022. Seleksi dilakukan cukup ketat. Tes tertulis, dan tes lisan. Dilanjutkan dengan presentasi dan  uji karya ilmiah. Sebelas  peserta mengikuti dengan seksama. (sebelumnya ada beberapa pendaftar tetapi tidak mengikuti tes). Dari sebelas orang peserta mendapatkan hasil yang diumumkan. Hanya ada tujuh orang yang mendapatkan juara pertama pada tiap jenjang. Merekalah yang berhak melanjutkan seleksi pada tingkat kabupaten.

Pembinaan oleh para panitia dan penguji tingkat Kecamatan Selong pun berjalan. Tujuh orang peserta mendapatkan pendampingan. Bedah kekurangan portofolio cukup serius. Peserta kembali melengkapkan kekurangannya dan merapikan kembali jilidan dokumen dalam waktu singkat. Dokumen dikumpulkan kembali di UPTD. Kemudian diinformasikan dokumen telah diserahkan di Tingkat Kabupaten. Tepatnya di kantor Diknas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lombok Timur.

Pada tingkat kabupaten, persyaratan kembali ditinjau. Surat edaran untuk melengkapkan  syarat bagi calon peserta tingkat  Kabupaten terbaca. Calon peserta memburu panitia dengan membawa kelengkapannya. Dua hari kemudian surat  pemberitahuan kurang lengkap dokumen kembali diundangkan. Calon peserta tingkat kabupaten dengan antusias kembali mendatangi panitia dan mengeceknya. Dengan bijak dan sangat ramah para panitia di Kabupaten ini melayani satu demi satu.

Surat panggilan calon peserta untuk mengikuti seleksi pun tiba. Dengan sergam hitam putih peserta seleksi ceck in dan masuk ruang di SMP  4 Lombok Timur mengikuti tes tertulis, Sabtu 26 Maret 2022. Pagi hari Senin, 28 Maret 2022 penilaian presentasi karya ilmiah berlangsung dalam beberapa  ruang khusus.. Artinya hanya peserta dan dua penguji di dalam ruang. Tes ini berdurasi 35 menit tiap peserta. 

Penantian hasil lomba berjalan. Guru setia dengan sekolah/madrasahnya masing-masing. Tidak terasa lama Ramadhan dan hari raya Idul Fitri pun tiba. Peringatan Hardiknas yang biasanya diadakan tanggal 2 Mei, pada tahun 2022 ini dilaksanakan tanggal 13 Mei sesuai dengan pedoman yang berlaku. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/pedoman-peringatan-hari-pendidikan-nasional-tahun-2022

Informasi hasil seleksi sangat dinantikan. Peserta maupun oarang lain saling bertanya kapan, siapa saja pemenang lomba guru berprestasi dikumandangkan. Malam tanggal 13 Mei datanglah undangan dalam file melalui WA dari panitia. Para pemenang untuk untuk hadir pada acara peringatan  Hardiknas dengan berpakaian adat Sasak. Maasya Allah riang gembira bagi pemenang senyum dalam WAG. Dan sportif semua peserta legowo menerima pengumuman tersebut. Sekilas 10 guru tampak dalam video ini  
video ini.

0 komentar:

Posting Komentar

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...