Jumat, 08 Mei 2020

Literasi: Karakter Cinta Alam Sekitar




MENGHIJAUKAN PEKARANGAN RUMAH

       Terlepas informasi yang menyatakan bahwa Ketahanan pangan Indonesia terancam,  kita berupaya dan membiasakan diri untuk memanfaatkan pekarangan rumah. Jika ada tanaman di sekitar rumah kita, oksigen semakin banyak diproduksi sehingga udara terasa lebih segar. Suasana teduh dan mata pun sehat memandang tanaman hijau.

Selain kesegaran dan kesehatan, pekarangan yang hijau dapat menambah nilai ekonomi bagi pemiliknya. Karena pekarangan yang sempit bisa dihijaukan dengan berbagai jenis tanaman yang bisa dikonsumsi dan juga memiliki nilai jual. Menghijaukan pekaranag merupakan pengalaman yang menyenangkan. Karena hanya meluangkan waktu kosong di sela-sela menjalankan tugas pokok sebagai  ibu rumah tangga dan guru. Pekarangan bisa menjadi pelepas kepenatan sebagaimana tempat rekreasi yang murah dan meriah.

Sambil gotong royong, orang tua bisa bercerita tentang alam sekitar yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.

           Beberapa Tanaman yang mudah dibudidayakan untuk penghijauan pekarangan sempit maupun luas diantaranya tanaman sayur, buah-buahan, tanaman obat keluarga, tanaman hias dan juga tanaman pelindung. Bagi lahan yang sempit  bisa mengnggunakan mediun pot, atau bejana bekas, atau polybag  dengan tempat yang sesuai.  pagar atau atap rumah pun bisa dijadilakan lokasi penghijauan bila dimungkinkan aman dan menarik di pandang.
      Menghijaukan pekaranagan rumah ini sangat menyenangkan dilakukan bersama keluarga. Terlebih pada saat pandemi Covid-19 yang kita mencegah penularannya dengan Work From Home dan bersama keluarga 'di rumah saja'. Hal ini bisa menumbuhkan kebersamaan, gotong royong, cinta  alam sekitar, rekreasi keluarga, dan juga menguntungkan bila bisa memetik hasil tanamannya. 
        Beberapa tanaman bisa dibudidayakan dengan sederhana dan dibutuhkan oleh keluarga, juga memiiki nilai jual jika dimungkinkan. Tanaman ini misalanya:  
       
Cabe
   
      Cabe ini menjadi kebutuhan dapur yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya cabe merah besar, cabe keriting, cabe hibrida, cabe rawit, cabe hias, dan sebagainya.  Cabe hias biasanya tidak dikonsumsi karena indah dipandang.


   Cabe bisa ditanam dengan mudah. Pertama menyiapkan biji cabe.Kita bisa membeli atau menyiapkan sendiri. Saya menyiapakan sendiri, dengan mengambil biji cabe yang bagus dan dijemur sampai kering. Kemudian menyemainya dalam media tanam berupa tempat bekas yang diisi tanah dan kompos dari sampah. Perbandingannya kompos dan tanah adalah 1: 3.


Kemudian diamkan media di tempat teduh.
Setelah itu semai biji cabe. Dan siram dengan air kecil (semprot). Setelah berumur dua mingguan bisa dipindakan ke media tanam lain. Misalnya pol bag dari kantong plastik minyak goreng. Kantong diisi tanah dan pupuk dengan perbandingan di atas.  Bibit cabe ditanam dan kantong bisa ditempatkan di lokasi yang ada cahaya matahari sedang. Siram seperti menyiram bunga kecil lainnya. Dan tidak terasa bunga serta buah bermunculan sangat indah. Petik sesuai kebutuhan dan siram serta pupuk kembali insya Allah akan berbuah hingga beberap kali.

2      Bawang Merah
      Menanam bawang merah (Allium ascalonicum)  sangat mudah. Tetapi tidak mudah untuk mendapatkan umbi yang besar. Jika medium tanam kecil maka hanya keluar daun yang hijau dan segar. Daun ini bisa digunakan sebagai bumbu dapur atau pun tambahan bahan masakan tertentu.  Cara menanamnya hanya mengambil bawang dari dapur putong sedikit ujungnya dan tanam pada medium yang yang disiapkan. Bisa dalam gelas mineral atau pun tempat lain. Tidak perlu dipindahkan. Siram dan pupuk tunggu samapai berdaun dan bisa dipetik atau tunggu hingga daunnya mengering pertanda umbi telah siap di panen. (sekitar 3 bulan umur tanamananya).

   
      Tanaman yang menjalar di pagar
Ini adalah jenis sayur yang bisa berbuah beberapa kali dalam sekali tanam. Misalnya kacang panjang, koro, kecipir,  dan sebagainya. Biji kering dari buahnya kita tanam lanhsung di medium yang siap dengan tempat menjalarnya. Tidak  lama akan tumbuh dan meninggi serta mencari tempat merambat sendiri. Rawat seperti tanaman lain maka sebentar lagi akan berbuah. Dan siap dipanen.        
 Tanaman  sayur  lain
 Tanaman sayur yang mudah misalnya bayam, sawi, ubi jalar, singkong atau pun lainnya.  Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan membutuhkan  perawatan sederhana. Bayam cabut, kenikir, dan sawi masa panennya sangat cepat dan bisa ditanam ulang  mediumnya. Ubi bisa menggunakan medium karung atau  kantong semen yang diisi tanah. Ubi ini selain diabil daunnya untuk sayur bisa diambil ubi . Masa hidupnya bisa lama dan manfaattna sangat banyak Pohon kelor bisa dipetik daun juga buahnya. 

5          Buah-buahan 
Buah-buahan bisa ditanam dalam pot. Pot bisa dari ember bekas atau tempat lain. Jika bibit tidak membeli bisa mencangkok dari induk yang ada di kebun lain. Setelah di tanam di dalm pot batang yang buasanya besar dan tinggi, tumbuh terbatas pendek dan akar terbatas sehigga tidak banyak tempat yang digunakan.  Perawatan biasa dan tanaman bisa berbuah cantik dan menyenangkan. Atau sederhana buah pisang bisa pohonnya di tanam di sudut pekarangan. Misalnya pisang, belimbing, jambu, pepaya, srikaya, dan sebaginya.

Tanaman obat keluarga
Tanaman ini bisa berfungsi sebagai bumbu dapur juga sebagai obat jenis herba. Kadang disebut juga empon-empon. Misalnya sereh, kunyit, jahe, kencur, laos, juga jeruk nipis atau jeruk purut. Medianya bisa langsing tanah langsung, atau pot, atau poly bag, atau pun karung bekas. 


Tanaman hias
   Tanaman hias sangat digemari keluarga. Karena snagat indah jika tepat letaknya dan terawat rapi. Misalnya jenis bunga bugenvile, asoka, sansivera, alovera, atau lainnya. Bibitnya bisa beli ataupun berbagi dari yang memiliki induk. Tanaman ini bisa tampak cantik meskipun jenis rumput jika tertata dan terpelihara. bisa ditanam di tanah langsung maupun di media tanam lain. 

Tanaman hidroponik
      Tanaman hidroponik memerlukan media tanam air. berbagai tanaman bisa ditanam dengan cara ini. terutama jenis sayur seperti kangkung, selada air, dan sebagainya. 
       Itu beberapa contoh tanaman yang mudah untuk menghijaukan pekarangan rumah.  Dengan menghijaukan pekarangan saat ‘di rumah saja’ sangat membantu anggota keluarga dari rasa jenuh. Nah kita bisa mencoba semoga menambah semangat Work From Home. Dan ini merupakan pembelajaran praktis agar kita mencintai alam sekitar. 'Di rumah saja'  kita pun bisa menambah karya nyata juga menginspirasi untuk dikembangkan di lingkungan mana pun berada. 

(semua foto adalah dokumen pribadi)   




1 komentar:

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...