Selasa, 14 Juli 2020

Matematika Bermanfaat -1


SEMANGAT BELAJAR MATEMATIKA   

Belajar Matematika itu tahu kompetensi yang ada didalamnya. Yaitu ada kompetensi pengetahuan, ada sikap dan ada ketrampilan. Kompetensi trsebut  seperti pada gambar di bawah ini.


Cara belajarnya dapat dilakukan dengan menggunakan semua indra yang kita miliki. Misalnya dengan : mengamati, menanya,  mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi; dan  mengomunikasikan.

Untuk memperoleh prstasi yang baik dalam belajar Matematika, diperlukan kemauan dan upaya yang sungguh-sugguh. Dengan kata lain harus aktif belajar. Baik di sekolah maupun di rumah.. 

Bebrapa hal yang harus diperhatikan saat belajar Matematika   adalah: 
1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
2. Siapkan prlengkapan dengan baik. Aat tulis dan juga buku yang diperlukan. 
3. Menyimak uraian Bapak/ Ibu Guru dengan sungguh-sungguh
4. Aktif bertanya dan tidak ragu-ragu untuk mendapatkan penjelasan
5. Disiplin belajar, teratur, dan konsisiten
6. Rajin sekolah dan mengerjakan tugas sesuai jadwal
7. Aktif  belajar kelompok
8. Meminta ridho orang tua untuk sukses
9. Berserah diri epada Allah dan tidak bosan memohon kepadaNya. 


Di sisi lain banyak belajar bagaimana seseorang menjadi tokoh yang sukses dapat menumbuhkan motivasi diri untuk berhasil/ sukses. Misalnya  Al Khawarizmi. Dia lahir tahun 780 M dan meingal tahun 850 M di Bagdad.Dia dikenal sebagai Bapak Aljabar. Dia menemukan angka nol, tabel Triginometri, luas segitiga,  nilai phi, juga persamaan linier dan persamaan kuadrat. Dia sanagat tekun dan teliti dalam belajar. Di sisi lain dia juga tidak pernah meninggalkan ibadahnya kepada Yang Maha Kuasa. 

Dia mampu memberikan hail penemuannya kepada dunia. Dan hasil penemuannya tersebut masih digunakan hingga sekarang. Hal ini dapat dijadikan motivasi kita untuk  semangat dalam belajar. 

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. 








0 komentar:

Posting Komentar

UMROH UNTUK GURU

  UMROH UNTUK SEPULUH GURU LOMBOK TIMUR      Umroh dan Haji merupakan bagian dari ibadah dalam ajaran Islam.   Ibadah Haji dan Umroh tid...